Pelatih Rusia Minta Suporter Bersikap Lebih Santun

Lille - Rusia terancam dicoret dari Piala Eropa andai suporternya kembali berulah. Pelatih Rusia Leonid Slutsky meminta pendukung 'Beruang Merah' agar bersikap santun.

Sanksi denda 150 ribu euro plus peringatan tersebut diberikan sebagai buntut dari kericuhan yang melibatkan suporter Rusia dengan suporter Inggris menjelang pertandingan kedua tim di Piala Eropa 2016--yang berakhir 1-1 akhir pekan lalu.


Potensi diskualifikasi itu sendiri cuma berlaku pada insiden di dalam stadion sehingga berada di bawah yurisdiksi komite disiplin UEFA. UEFA sendiri juga memberi kesempatan untuk Federasi Sepakbola Rusia melakukan banding.

Meski baru sebatas ancaman, sanksi itu tentu saja sudah membuat kubu Rusia was-was mengingat peluang untuk terjadinya kerusuhan tetap ada. Apalagi aksi suporter Rusia itu sudah mendapat "restu" dari pemerintah maupun federasi sepakbola itu sendiri.


Maka dari itu, Slutsky pun memohon kepada para suporternya untuk lebih menjaga sikap di dalam stadion agar tidak berakibat fatal untuk negaranya, yakni didiskualifikasi dari Piala Eropa.

"Kami sudah mempublikasikan pernyataan kepada media kemarin dari tim serta staf dan kami meminta suporter untuk bertindak sesuai aturan yang berlaku. Saya ingin mereka melakukan yang sama lagi," ujar Slutsky seperti dikutip Soccerway.

"Mereka mendukung kami dengan baik saat melawan Inggris dan saya harap mereka tetap seperti itu. Kami butuh dukungan, tapi kami harus pastikan dukungan itu diberikan dengan cara sesuai aturan. Kami ingin menghindari situasi yang berbahaya dan kami berharap mereka mengerti serta mendukung kami," sambungnya.

Rusia akan menghadapi Slovakia pada laga kedua Grup B di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Rabu (15/6/2016) malam WIB besok.


(mrp/din)

Sorry no Comments

Please Login for Leave a Comment