Pare Memang Pahit. Tapi 7 Khasiat Ini Akan Menjadikannya Sebagai Makanan Terfavorit

Kamu mungkin sudah nggak asing dengan sayuran yang bernama pare. Yap! Sayur yang satu ini biasanya mudah ditemui bersama dengan siomay dan teman-temannya. Meski rasanya agak sedikit pahit, tapi kalau dinikmati dengan bumbu kacang rasanya jadi nikmat banget.

Ternyata, selain bisa memanjakan lidahmu karena rasanya yang nggak biasa itu, pare juga memiliki khasiat baik untuk tubuh dan wajahmu, lho. Mungkin kamu merasa aneh mendengarnya, tapi manfaat dari pare ini memang bisa banget kamu nikmati sendiri. Nah, untuk menjawab rasa nggak percayamu, di bawah ini ada beberapa khasiat ampuh dari pare. Yuk, sama-sama dilihat apa saja manfaatnya.

1. Dengan mengolahnya sabagai masker, pare bisa membantumu membasimi jerawat yang bandel

Pare dikenal sebagai sayur yang kaya akan kandungan seratnya serta mengandung vitamin A, B, C, asam amino, kalsium, fosfor, dan beta karoten. Kamu mingkin sudah tahu kalau kandungan beta karoten ini bagus untuk kesehatan mata dan juga dapat membantu mengatasi jerawat. Serta, kandungan vitamin C yang dalam pare juga ampuh untuk menjaga kulitmu yang rusak akibat sinar UV.

Begini cara mengolahnya :

  • pilih pare yang masih segar dan memisahkannya dari biji
  • potong menjadi beberapa bagian lalu blender sampai halus
  • peras untuk kamu minum airnya, dan ampasnya pun bisa kamu tempelkan di wajah sebagai masker sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

Jerawat, dijamin bablas!

2. Bukan cuma buat kulit, pare juga bagus untuk menyuburkan rambut

Mungkin kamu baru tahu kalau ternyata pare bisa digunakan untuk menyuburkan rambutmu. Nggak percaya? Caranya gampang kok. Ini dia :

  • siapkan segenggam daun pare yang dicuci bersih
  • tumbuklah sampai daun menjadi halus
  • tambahkan air gelas dan diamkan ramuan itu selama satu malam
  • Saat pagi hari, saringlah ramuan tadi dan airnya pun bisa kamu pakai untuk membasuh kulit kepalamu.

Selamat mencoba!

3. Atau, gunakan daun pare sebagai formula ampuh untuk menghitamkan rambutmu


Selain untuk menyuburkan rambut, daun pare juga ampuh untuk menghitamkan rambutmu yang kemerahan akibat sering terkena sinar matahari. Wah, hebat banget, ya!

Untuk melakukan terapi ini, lakukanlah tahapan berikut :

  • ambilah daun pare yang masih segar dan cuci bersih
  • tumbuk sampai benar-benar halus dan tambahkan air
  • peraslah dengan menggunkan kain agar tersaring dengan sempurna
  • gunakan air perasan tadi untuk melumas kulit kepala

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan setiap hari, ya. Dan akan lebih bagus digunakan pada bayi dan juga balita.

4. Kalau kamu menderita penyakit asma, cobalah rutin untuk mengkonsumsi pare

Dari penelitian yang dilakukan oleh University of Massachuesetts, diketahui bahwa mengonsumsi makanan pahit dapat merangsang indera pengecapan yang ada di dalam saluran pernapasan. Hal tersebut membuat saluran pernapasan menajdi lebih lebar, sehingga aliran udara menjadi lebih baik.

Untuk itu, buat kamu yang menderita penyakit asma, coba deh mengonsumsi pare dengan rutin. Rasa pare yang terkenal pahitnya itu bisa membantu kamu perlahan sembuh dari penyakit yang mungkin saja mengganggu kamu dalam beraktivitas.

5. Pare juga sangat baik untuk program diet. Iya, biar badanmu makin singset ~~


Pare memang diketahui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, jelas hal itu membuat perut kamu terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Nggak Cuma itu aja, lho. Ternyata pare juga bisa menurunkan nafsu makan yang kamu punya.

Jadi, rasanya akan pas banget kalau kamu yang lagi diet masukkan pare ke dalam menu makanan yang wajib kamu konsumsi. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk jus yang diminum rutin setiap hari. Nah, untuk mengurangi rasa pahitnya, boleh kok kamu campur dengan madu alami.

6. Perut begah atau susah BAB? Atasi segera dengan sayur ajaib, pare!

Dibalik kepahitannya, pare juga ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan perut kamu, lho. Pare itu mampu merangsang enzim di dalam perut yang menjaga gerakan usus sampai makanan kembali dikeluarkan.

Kamu yang suka sembelit atau sering merasa begah lantaran pencernaan yang nggak lancar, coba deh mulai sekarang untuk rajin mengonsumsi pare sebagai bahan terapimu. Kalau pencernaan sudah lancar, maka kamu juga nggak perlu lagi khawatir dengan perut gendut yang menjadi pemandanganmu sendiri. Hehe…

7. Spesial buat para Ibu yang sedang menyusui, pare juga sangat baik untuk memperlancar ASI

Khasiat pare untuk ibu yang sedang menyusui rasanya sudah nggak perlu diragukan lagi. Pare memang ampuh untuk meningkatkan produksi ASI dan dapat membuat ASI menjadi lebih kental sehingga membuat bayi akan menjadi cepat kenyang.

Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa membuat jus pare untuk diminum setiap pagi atau malam hari, dan kalau nggak kuat sama rasa pahitnya, jus pare boleh juga kok dicampur dengan jus melon. Selain itu, kalau bisa juga pare tersebut dijadikan sebagai lauk atau lalapan sebagai teman makan, syaratnya hanya jangan buat pare terlalu matang agar kandungan alami di dalam pare tidak benar-benar hilang.

Pahit sih, tapi bikin sehat. Gimana dong? Yuk, lebih sering konsumsi pare mulai sekarang!

Sorry no Comments

Please Login for Leave a Comment